oleh

Inilah Tips Merawat Mobil Untuk Anda Ketahui

-Otomatif-7 views

Merawat Mobil bagi orang Indonesia, memiliki kendaraan atau mobil menjadi sebuah kebutuhan sebagai penunjang aktivitas manusia, baik itu untuk transportasi saat bekerja, kebutuhan wisata, kepentingan keluarga dan bahkan ada membeli mobil demi gengsi. Nah apapun tujuan anda memiliki mobil tersebut, tentu ada pentingnya anda mengetahui cara merawat kendaraan tersebut dengan benar, sehingga uang yang anda keluarkan untuk membeli kendaraan tersebut tidak sia-sia, karena masalah sepele anda mengeluarkan buaya tinggi untuk merawatnya.

Pada halaman ini kami mengumpulkan informasi tentang tips terbaru untuk merawat mobil dengan benar, memberikan beberapa tips untuk membuat kendaraan Anda lebih berkelanjutan, seperti penggunaan bahan bakar yang akan mempengaruhi kinerja mesin. juga penggantian oli secara berkala, merawat radiator sehingga mobil anda tidak cepat panas atau overheating termasuk pengecekan AC dan servis berkala, sehingga nantinya anda bisa aman dan nyaman selama perjalanan.

Sebagai pengemudi mobil, tentu Anda ingin mobil Anda bertahan lama. Untuk memastikan mobil tetap bernilai tinggi dan nyaman dikendarai, pengguna mobil harus melakukan perawatan secara rutin, baik secara pribadi maupun dengan servis berkala ke bengkel resmi.

1. Menjaga cat mobil
Warna cat mobil yang bersih dan mengkilap jelas merupakan tampilan visual yang membuat mobil Anda bersih, cantik, dan menarik. Beberapa hal yang membuat cat cepat kusam karena kena paparan sinar matahari langsung, sehingga usahakan parkir kendaraan di tempat yang rindang, termasuk juga embun malam hari, maka anda harus memiliki tempat parkir yang terlindungi oleh atap. Untuk cuci mobil gunakanlah sabun cuci khusus untuk mobil dan jangan sembarang termasuk juga lap yang digunakan adalah lap halus. Cara merawat ini bisa anda lakukan sendiri sehingga cat mobil anda bisa lebih awet.

merawat mobil

2. Jaga kebersihan kabin mobil
Setelah pemakaian bersihkan kembali kabin mobil anda, mulai dari atap kabin, jok dan karpet (lantai), baik itu dari sampah, debu ataupun kotoran yang melekat yang menyebabkan tumbuhnya jamur. Selain menimbulkan bau, interior yang kotor akan membuat kotoran tersedot oleh blower AC mobil, cepat busuk saringan dan membuat kinerja AC tidak optimal. Tips merawat dengan cara ini tentu juga bisa dilakukan sendiri.

3. Ganti oli secara berkala
Untuk penggantian oli anda bisa melakukannya di bengkel resmi, rekaman dan pencatatan penggantian oli akan diberikan kepada anda dan bisa digantungkan di mobil untuk memudahkan anda mengingatnya. Jika anda kehilangan catatan tersebut anda juga tidak perlu bingung, karena di bengkel resmi ada rekaman atau catatan ganti oli tersebut, sehingga anda cukup telpon customer service saja. Oli mesin sendiri memiliki ketahanan dari 5.000 – 10.000 km. Pengecekan manual bisa dilakukan di rumah dengan mencabut stik oli dan mengukur level volume oli tersebut dan cek juga kadar oli apakah sudah banyak kotoran atau belum.

4. Penggunaan bahan bakar
Tips merawat mobil berikutnya yaitu pemakaian bahan bakar yang tepat tentu akan membuat mesin mobil anda lebih awet. Dalam hal ini dihitung dari nilai oktan (RON) bahan bakar tersebut, semakin tinggi oktan bahan bakar minyak (bbm) maka akan bisa memberikan tekanan yang lebih besar sebelum bbm tersebut terbakar secara spontan. Dan semakin kecil oktan akan semakin lama bbm tersebut terbakar dan akan menyebabkan suara atau knocking dalam mesin mobil dalam kasus yang ekstrim piston bisa sampai rusak. Untuk itulah mobil keluaran sekarang ini memerlukan kompresi yang tinggi sehingga membutuhkan oktan yang lebih tinggi.

5. Merawat Radiator
Cairan untuk mengisi radiator sangat penting, sehingga radiator tetap bersih dan mencegahnya menembus kerak. Air radiator yang kotor membuat radiator tersebut cepat berkerak sehingga aliran air ke mesin mobil juga tidak lancar, sehingga mengakibatkan gangguan pada pendingin dan mesin mobil anda cepat panas. Air radiator yang direkomendasikan adalah cairan coolent, jangan menggunakan sembarang air termasuk air sumur yang mungkin memiliki kandungan logam yang tinggi. Bersihkan juga radiator secara berkala agar tidak tersumbat.

6. Merawat aki mobil
Aki adalah bagian penting dari mobil. Karena itu, perawatan aki juga sangat penting. Dari pemeliharaan hingga aki basah, pertahankan level ketinggian dan level di bawah air aki, jika airnya tidak cukup. Kencangkan dan bersihkan setiap kutub (klem) aki agar tetap bersih. Gunakan ampere yang sesuai dengan kebutuhan listrik mobil terutama mereka yang memakai aksesoris tambahan. Jangan terlalu sering menyalakan sound sistem tanpa menghidupkan mobil. Termasuk mobil yang jarang dipakai menyebabkan aki cepat soak dan rusak.

7. Merawat lampu mobil
Komponen lampu merupakan hal penting dalam mobil selain sebagai alat penerangan juga sebagai alat atau tanda komunikasi dengan pengemudi lain, seperti halnya lampu dim, sein dan lampu rem. Jika terjadi kerusakan gantilah segera dengan lampu standar yang direkomendasikan pabrik. Jangan gunakan lampu yang menyerap banyak listrik karena baterai Anda akan jatuh dan habis dengan cepat.

8. Merawat kaca Mobil
Kaca mobil adalah komponen penting dalam membantu jarak pandang anda ke depan, atau penumpang ke sekitarnya. Perawatan kaca mobil dapat menggunakan pembersih kaca, cairan khusus akan memperjelas kaca Anda. Periksa juga kualitas scrubber air. Jika lubangnya tersumbat, gunakan tusuk gigi untuk membersihkannya. Untuk jendela kaca, pastikan karet di jendela tidak menyentuh kaca saat dinaikkan atau diturunkan. Jika dia kotor, dia akan rentan membuat baret kaca.

9. Merawat wiper mobil
Wiper yang berfungsi untuk menyapu air kaca depan ini memang usianya tidak berumur panjang, apalagi mobil anda sering digunakan dan terkena panas, yang akan membuat karet pada wiper tersebut elastisitasnya Berkurang dan tidak bisa menyapu air kaca secara maksimal, dan kemungkinan terburuk bisa membuat baret kaca mobil. Untuk itu jika dirasa kurang maksimal gantilah segera dengan yang baru.

10. Merawat ban mobil
Tips perawatan mobil tentu tidak akan terlepas dari ban, faktor kenyamanan dan keselamatan berkendara; ban yang dirawat dengan baik akan memperpanjang usianya. Tekanan angin dalam setiap bahan harus terus diperhatikan, jika sering berpenumpang banyak bisa disetel ketekanan yang tertinggi, jika penumpang sedikit gunakan tekanan angin minimal. Perhatikan juga jangan membawa penumpang melebihi yang direkomendasikan, mengemudilah pada batas kecepatan sesuai kemampuan ban, cuci dan bersihkan ban bila perlu disemir agar elastisitas ban terjaga.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *